11.11.10

Unit Kegiatan Tyas

Di setiap kampus, pasti ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau bisa diibaratkan kayak ekskul di SMA. Dan di kampus kegiatannya pasti lebih beragam. Ada yang wajar kayak sepakbola, basket, renang, blablabla. Ada juga yang menurut gue aneh kayak catur, pramuka (hallo?? ini college, masih ada aja pramuka??) sama bridge. Itu yang tingkat universitas. Jadi anak-anak antar fakultas gabung bareng-bareng di bidang yang disukai. Kalo buat universitas, heterogen banget jenisnya. Dan kebanyakan keren. Prestasinya udah nyampe tingkat dunia, kayak Paduan Suara Mahasiswa (PSM) yang katanya udah dapet juara di Praha (gue gatau bener ato nggak-nya, belum ngecek).

Di tingkat universitas, gue pernah ikutan Merpati Putih (buat yang ngga tau, Merpati Putih itu olahraga bela diri semacem silat). Gue ikutan itu gara-gara diajakin si Septi, temen gue yang sama-sama dari Kebumen, dengan motivasi biar gue olahraga seminggu dua kali. Ternyata eh ternyata, jadwal latihan senin kamis itu cuma bertahan 4 pertemuan buat gue, nggak pernah ada alesan males, yang ada jadwal nggak sinkron sama kegiatan kepanitiaan gue di Event Fikom 2010. Gue ngedanus waktu itu, dan itu menuntut loyalitas tinggi karena divisi gue itu yang nentuin dana buat ngejalanin acara. Udah aja sejak itu gue nggak pernah dateng lagi di sesi latihan MP. Agak nyesel juga siih, sejak nggak ikut itu gue nggak pernah olahraga, selain itu gue kehilangan kesempatan buat ngecengin mas-mas MP yang ganteng terus keker-keker badannya itu :DD
Terus tadinya gue udah daftar buat ikutan Palawa. Kayak UKM Pencinta Alam gitu. Dari dulu gue udah pengen banget ikutan kegiatan kayak gini karena di SMA gue itu nggak ada. Gue pengen maen-maen di arus deras, pengen manjat dinding, pengen naik gunung terus liat sunset, pengen pengen pengen! Tapi kayaknya batal gara-gara dilarang keras sama abang gue. Katanya mendingan cari UKM yang menunjang karir. *mungkin abang gue khawatir sama keselamatan adik perempuan satu-satunya ini. hahahahaha :D
Terus gue juga daftar SAR. Search and Rescue. Nah yang ini juga asik keliatannya, samaan sama Palawa. Bedanya, kalo ini lebih ditujukan buat ngebantu kalo ada bencana. Sampe sekarang belum ada panggilan, gue nggak tau bakal lanjut atau nggak. Gue masih nunggu sms konfirmasi dari UKM yang satu ini.
Selain UKM-UKM absurd yang gue ikutin ini, ada UKM serius kayak AIESEC, persatuan mahasiswa dari seluruh dunia. Gue males ikutan, gara-gara daftarnya bayar mahal. Hahaha. Terus masih banyak lagi UKM lain yang kalo gue ceritain disini jari-jari gue bakalan keriting.

UKM Fakultas

Nah! Berhubung gue tengah menuntut ilmu di Fakultas Ilmu Komunikasi, gue ikutan UKM FIKOM dong! Masa iya gue ikutan UKM Sastra Jepang??
Gue ikutan LPPM Djatinangor (Persma) sama KGF (Grafis)
dan fyi, UKM yang gue ikutin itu termasuk UKM yang sepi peminat.
DJ (singkatan DJatinangor) angkatan gue aja cuma 16 orang. Yang tadinya ngedaptar itu sekitar 30 orang, tapi entah karena apa, seleksi alam barangkali, nyisa segitu. Untung aja UKM ini gabung sama angkatan atas. Jadi kalo ngumpul yaa nggak sepi-sepi amat.
Gue suka UKM yang satu ini. Selain bisa gue jadiin wadah buat ngembangin diri gue yang suka nulis, ternyata di DJ kita bisa dapet banyak pengetahuan. Karena sering sharing sama senior, ngomongin banyak hal mulai dari jurnalistik sampe perkembangan isu-isu yang ada saat ini. Disini gue ngerasa gue dipaksa buat terus mikir. Buat terus ber-Ide (ini apa-apaan tata bahasa??) buat nggak malu kenalan sama banyak orang. Gue juga jadi punya referensi buat mempertimbangkan pilihan jurusan gue di semester 3 besok. Jadi masuk jurnalistik ato engga. Yang jelas gue ngerasa gue dituntut pinter disini. Senior-senior juga kritis terus cerdas. Gue ngerasa, dengan ikutnya gue di UKM ini, pengetahuan yang gue dapet bakal ngebantu gue di masa yang akan datang (acieeehhhh).
Inget dulu pas wawancara awal buat masuk DJ :
Teteh Pewawancara : Kamu siap konsisten nggak sama DJ?
Gue : Siap teh!
Gue rasa kata-kata itu yang bakal dijadiin pertanggungjawaban gue selama DJ-DJan ini.
Dan jangan pikir masuk DJ itu instan bebas masuk bebas keluar. Kita harus ikutan rangkaian diklat sama pra-diklat yang lumayan panjang.
Selama 2 minggu kita ikut pradiklat, yang isinya perkenalan pengurus, sejarah DJ, fotografi, materi penulisan, materi tentang perusahaan, banyak lagi yang lainnya. Kita juga diceritain proses bikin sampe terbitnya DJ.
Nah di diklat itu yang asik. Kita mempraktekan ilmu yang udah kita dapet di pradiklat. Kita getting (nyari berita) nyusun berita, ngetik berita, nge-layout, ngeprint, dan itu semua ada DEADLINE! SUMPAH ASIK BANGET!
Dan kita nggak tidur semaleman gara-gara ngurusin hal itu. Kebetulan tim gue kebagian rubrik Laporan Utama. Paling nggak kita harus bikin TIGA artikel. Dasar gue orangnya panikan, jadilah gue yang paling ribut dan ribet di ruangan. Beritanya jadi, tapi kena bantai senior sama alumni. Hihihi.

Na na na, diklat selese. Kita resmi jadi awak DJ, dapet pin dan gue terharu banget sampe hampir menitikkan air mata minggu pagi itu.

*maafkandramadiatas.

Abis diklat kita dikasih tugas bikin tulisan lagi buat diposting di web DJ. Dan gue kembali diserang kepanikan tingkat tinggi. Entah apa yang salah sama diri gue, tapi kal gue dikejar deadline, maunya gue tepat waktu walaupun mepet dan berantakan. Walaupun gue ngerjain di depan komputer dengan teriak-teriak dan mulut ngoceh tiada henti. Belum lagi kebawelan gue sms-sms senior nanya-nanya hal nggak penting. Itulah gue, penulis bingung, galau, dan panikan.
Tapi gue cinta DJ! Gue cinta kebersamaannya, diskusinya, sama kocaknya awak-awak Persma yang satu ini.

Nah, UKM yang kedua yaitu KGF. Kelompok Grafis Fikom. Gue udah tertarik dari awal. Dari jaman ospek yang sesi perkenalan Hima dan UKM. Gue tertarik sama desain dari dulu. Gue ngerasa gue selalu mengapresiasi desain orang. Kalo baca majalah desain, kepala gue bisa miring-miring merhatiin desain yang ada. Gue juga suka baca majalah Suave yang isinya desain kaos, padahal kata nyokap gue, ngapain baca majalah yang isinya gambar semua?? Hahaha.
Tapi gue gabisa gambar. Pas sesi lukis sepatu, gambar gue yang paling ga jelas. Pas maenan grafitti, gue yang paling canggung megang Pylox. Pas desain kaos di photoshop, desain gue yang paling sederhana. Tapi gue selalu suka pertemuan demi pertemuan KGF. Akrab, mungkin karena orangnya sedikit kali yah? Angkatan gue kurang dari 10 yang ikutan. Angkatan senior juga sedikit. Gue cuma tau Kang Gilang, Kang Lulu, Kang Surya, sama Kang Indra. Tetehnya cuma liat 1. Gatau yang lain pada kemana.
Gue selalu inget kata-kata Wawan, temen gue di KGF, anak kelas J :
"Tyas, jangan ragu! Jangan takut salah!"
Itu dia ngomong pas gue ribet banget ngurusin sepatu lukis gue. Gara-gara itu gue jadi yakin mainin kuas, terus sepatu gue jadi dan hasilnya nggak buluk-buluk amat kok. Hhehehe.

Temen-temen gue banyak yang komentar :
"Si Tyas ikutan UKM yang nggak rame!"

Mungkin iya dua UKM yang lagi gue ikutin ini sepi. Tapi gue yakin ilmu yang gue dapet di tiap kegiatannya bisa gue jadiin pengalaman kelak. Di karir gue. Gue cuma modal yakin aja :) Gue nggak mau ikutan UKM just following the others.

FYI, gue baru ikutan daftar KAPPA, pencinta alam Fikom.
*masihterobsesijadianakgunung.

No comments:

Post a Comment